Minggu, 03 Mei 2009

TEGUH DI TENGAH BADAI


Pernahkah Anda dalam kondisi seperti ini. Terbaring tak berdaya di ruang UGD pada sebuah rumah sakit? Apa yang bisa dilakukan? Bangun saja tidak bisa, apalagi harus membaca buku atau membaca Alkitab? Dalam keadaan seperti inilah ayat-ayat Alkitab yang sudah pernah kita baca dan hafalkan akan muncul dalam pikiran kita. Ayat-ayat firman Tuhan inilah yang memberikan penghiburan, kekuatan baru, dan pengharapan meski saudara dalam kondisi tak berdaya.
Keadaan dunia yang sedang dilanda krisis ekonomi membuat banyak orang menjadi ciut dan hanyut dalam hal tersebut. Tak sedikit yang lari menggunakan obat-obatan penenang, narkoba, atau bahkan yang bunuh diri karena depresi. Dalam keadaan seperti ini, tidak ada seorang pun yang dapat menolong, kecuali Allah yang pesan-pesan-Nya dapat kita baca dalam Alkitab. Firman-Nya berkata: “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari” (Matius 6:34); “Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok pintu dibukakan” (Matius 7:8); “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karen aitu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya” (I Korintus 10:13).
Hal yang harus diingat oleh kita, bahwa setiap permasalahan dan kondisi buruk bisa saja tiba-tiba menimpa kita. Namun jangan kuatir, bahwa Tuhan akan menolong dan memberikan kekuatan kepada kita agar kita mampu menghadapinya dan menang. Ada tiga yang harus diperbuat oleh kita:
Pertama, bacalah firman Tuhan setiap hari minimal 2 pasal. Renungkanlah berkat apa yang saudara dapatkan. Dan praktekkanlah firman Tuhan tersebut.
Kedua, bagikanlah firman Tuhan kepada minimal 1 orang lain. Bisa dengan mengirimkan sms. Dengan mengirimkan berkat firman Tuhan ini, maka secara tidak langsung juga kita diberkati pula.
Ketiga, ketika berbagai perasaan seperti: kesepian, kegundahan, maupun kekacauan hati menghampiri kita, hadapilah dengan firman Tuhan. Termasuk ketika berbagai godaan hidup yang menyeret kita agar menjauh dari Tuhan, hadapilah juga dengan firman Tuhan. Seperti yang diperbuat Tuhan Yesus. “Ada tertulis dalam Alkitab” (Matius 4:4).
Memang, setelah kita mempraktekkan ketiga hal di atas, tidak dengan serta merta kesusahan itu lenyap. Tetapi setidaknya kita siap menghadapinya sampai menang atas setiap pergumulan tersebut. Intinya, dalam segala keadaan pakailah firman Tuhan. (Pdp. Tony Tedjo, M.Th --- Ketua SOW, Ketua KPR, Penulis Buku dan konsultan. Bisa dihubungi di 081394401799 atau penerbitagape@gmail.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar