Selasa, 21 Juli 2009

Pengantar SOW ke-3

Syalom, selamat bergabung dalam komunitas kami di Sekolah Menulis Alkitabiah atau School Of Writing (SOW). Tindakan Anda untuk bergabung dengan kami sangatlah tepat. Karena di tempat inilah Anda akan dibimbing untuk bisa mengangkat bakat terpendam dalam bidang penulisan. Dan mengembangkan bakat tersebut agar lebih maksimal dan efektif.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai tulisan. Ada baiknya kita perlu mengetahui alasan mengapa kita perlu menulis? Pertama, menulis merupakan salah satu cara Allah berfirman kepada manusia (Ayub 33:14). Itulah sebabnya Allah menyuruh para hamba-Nya, baik para Nabi maupun para Rasul untuk menuliskan pesan-Nya untuk disampaikan kepada manusia. Dan melalui pesan tertulis ini pula, kita sampaikan pesan-Nya Allah tersebut untuk disebarluaskan kepada banyak orang tentang siapa Allah sebenarnya. Kedua, menulis memberitakan Kabar Baik (Injil) sesuai Amanat Agung dalam Matius 28:19-20, supaya banyak orang bisa mendengar berita Injil melalui tulisan, baik yang ditulis berupa buku (kertas), elektronik (email, blog, website, dsb.). Ketiga, menulis meninggalkan karya yang berharga meski kita sudah tiada. Peninggalan dalam bentuk karya tulis (dianjurkan dalam bentuk buku) inilah yang akan selalu dikenang orang. Keempat, menulis menuangkan seluruh isi hati ke dalam tulisan. Bila ada kekesalan hati atau perasaan hati tertentu, dapat diungkapkan dalam tulisan. Kelima, menulis menambah pemasukan. Dengan karya tulis yang kita kirimkan ke majalah atau penerbit buku, maka apabila naskah tersebut dimuat akan mendapatkan honor atau royalti. Keenam, menulis menambah nilai integritas kita di hadapan banyak orang. Ketujuh, menulis mengasah otak supaya tidak cepat tua dan pikun. Kedelapan, menulis membuat orang yang membacanya menjadi pandai.
Suatu ungkapan berbunyi verba volent, scripta manent artinya kata-kata terbang hilang, sementara tulisan menetap permanen. Maksudnya bahwa tulisan itu sangat penting, dia mampu bertahan lama hingga ratusan tahun, bahkan ribuan tahun lamanya. Meski si pembuat tulisan sudah lama tiada, namun tulisannya terus-terus masih dibaca banyak orang dan memberkati banyak orang.

Dalam SOW angkatan ke-3 ini Anda akan diajari delapan topik pembahanan, yaitu:
1.Mengembangkan Ide Menjadi Tulisan
2.Mengatasi Hambatan Menulis
3.Menulis Renungan Harian
4.Menulis Profile atau Tokoh
5.Menulis Buku
6.Membuat Warta Jemaat Lebih Menarik
7.Wawancara Ala Wartawan
8.Manajemen Penerbitan Tabloid Rohani “Keluarga”

Dengan para pengajar, yaitu: Pdp. Tony Tedjo, M.Th, Johny Tedjo, S.Th dan Pdm. Juanda, S.Sos., MA., M.Th.

Pastikan untuk mengikuti setiap sessionnya dengan baik dan aktif. Mengingat waktu yang sangat singkat, selain dibagikan tips-tips singkatnya, juga akan ada praktek membuat sebuah artikel atau tulisan, yang hasilnya akan dipublikasikan berbentuk majalah atau koran, maupun kepada penerbit lain. Selamat menikmati session demi session dengan baik. Tuhan Yesus memberkati.

Salam dahsyat penulis
Pdp. Tony Tedjo, M.Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar